Error Pada Gravity   10 comments


Ngomong-ngomong soal error pada Gravity, sebenarnya ada banyak error yang umum biasa terjadi pada Gravity. Sayapun pernah mengalami hal seperti ini, dan terkadang ada yang menanyakan kesaya, Gravity saya kok “network error –7372, –7373, –34, –36, dll” kenapa ya, terus apa yang harus saya lakukan biar tidak sering error? Nah, semoga update blog kali ini bisa membantu bagi jamaah Gravityriyah yang mungkin pernah mengalami masalah seperti yang akan saya tulis dibawah ini, dan nantinya tahu apa sih penyebabnya dan nantinya juga tahu apa yang harus dilakukan.

Kesalahan yang umum terjadi pada Gravity:

  1. Network Error –3002 : jaringan tidak stabil [sinyal lemah].
  2. Connection suspended : tidak ada jaringan atau jaringan di telepon sedang mengirim/menerima sms/posisi gps.
  3. Network Error –5010 : mungkin kesalahan penambahan API, coba gunakan jalur akses WAP atau jalur akses internet lainnya.
  4. Network Error –7372 : kesalahan metode Authentication, coba ubah pada settingan Authentication [silahkan coba satu-satu dari tiga setingan ini >> OAuth/Secure, Proxy/Secure, Proxy/Plaintext]. Jika kesalahan tersebut di Google Reader, mungkin kamu pakai Gravity versi lama, coba diperbarui.
  5. Network Error –7373 : sama dengan yang diatas, atau mungkin terjadi crack pada Gravitynya, dan munculnya juga kadang-kadang.
  6. Network Connection Timeout atau DNS Error : mungkin sedang ada masalah dengan jaringannya, atau ada crack pada Gravitynya.
  7. Network Error –36 : ada conflick pada jendela saat melakukan conversi, API tidak normal.
  8. Failed to send : kata-katanya terlalu panjang, ada url didalamnya yang sudah di sortered/belum, tulisan melebihi 140 karakter atau mengulang-ulang saat mengirimkan pesan, atau jaringannya sedang tidak stabil.
  9. Preview selalu memuat [loaded], belum mampu menunjukkan gambar. Untuk melihat coba buka linknya lewat browser.
  10. Error HTTP500 atau 404 : coba buka pada setingan info & updates [Use SSL > pilih no/yes], jika error ini tidak mempengaruhi penggunaan, abaikan saja.
  11. Network Error –4 : terjadi konflik pada firmware, coba restart henponnya, jika selalu muncul perbaiki firmwarenya.
  12. Network Error –34 atau 39 : konflik pada SSL, API hang.
  13. Username / Password Error : salah memasukan nama dan password atau mungkin terjadi kesalahan pada pengaturan waktu dan tanggal telepon, gunakan versi Gravity terbaru.
  14. DNS timeout : alamat IP tidak benar.
  15. Connection Failed : jalur akses jaringan tidak normal, tidak ada jaringan.
  16. Timeline menampilkan tweetnya telat : pengaturan waktu dan tanggal telepon salah.
  17. Scroll Timeline terasa berat : penggunaan ukuran font yang besar, coba setel ke yang kecil, banyak aplikasi terbuka/berjalan di telepon [pemutar musik], penggunaan Gravity versi lama.
  18. API authentication failure : kesalahan sertifikasi, perubahan metode authentication.
  19. Twitter Trends [Trending Topic] tidak dapat di update : ada bug dengan Gravitynya, pemakaian Gravity versi lama, gunakan yang baru.
  20. Gravity Expired!, tidak dapat digunakan : berakhirnya masa Trial/Demo, silahkan beli lisensinya untuk dapat menggunakan kembali.
  21. Gravity menampilkan pesan/selalu menampilkan pesan “twitter mengirimkan sertifikat yang tidak dipercaya, apakah akan melanjutkan” kalau dilanjutkan biasanya nanti akan muncul pilihan : tolak, terima untuk saat ini saja, terima secara permanent. kalau saya pilih yang permanent, soalnya kalau pilih yang lain, pesan tadi akan muncul lagi.
  22. Tidak dapat melihat DM : mungkin kamu pakai Gravity versi lama/ada bug pada Gravitynya, gunakan yang baru. atau pesan DM telah dihapus oleh si pengirim.
  23. Connecting Failed! [-4155/-4157] : kesalahan sambungan, kesalahan pengaturan jaringan.
  24. Connecting Failed! [-4180] : tidak ada jaringan, tidak ada sinyal.
  25. Connecting Failed! [-46/-4159] : tidak ada sambungan, sambungan data tidak aktif.
  26. Gravity tidak bisa di instal di kartu memori [E:memori] : memori corrupt, terjadi crash saat penginstallan, [biasanya terjadi saat telepon baru di Hard Reset tetapi Gravity lama yang terinstal di memori tidak dihapus dulu/kartu memori gak di format], coba instal di memori hape [C:memori telepon] atau format kartu memorinya lalu instal Gravitynya.
  27. Groups pada halaman Groups & Lists di Gravity hilang, biasanya ini dari efek saat kita baru/sering melakukan update/upgrade Gravity.

Dari sekian banyak error diatas, yang sering ditanyakan ke saya adalah “Network Error –7372”, saya juga pernah mengalami hal ini [di N78/C7], biasanya saya mengalami masalah kayak gini kalau saya pakai settingan jalur akses bawaan telepon/operatornya [Telkomsel]. Untuk masalah ini, setelah mencoba setingan kayak diatas dan masih error juga, coba kamu buat jalur akses baru seperti dibawah ini:

  • Untuk s60v3 buka pada “Pengaturan” > “Sambungan” > “Tujuan Jaringan” > “Internet” > “Pilihan” > “Jalur akses baru” > lalu ikuti urutannya seperti tampilan gambar di bawah ini. [maaf tampilannya beda, tapi maksudnya sama]
  • Untuk Belle buka pada “Pengaturan” > “Konektivitas” > “Pengaturan” > “Tujuan jaringan” > “Internet” > “Pilihan” > “Jalur akses baru” > lalu ikuti urutannya seperti tampilan gambar di bawah ini.

Gambar 1Gambar 2Gambar 3Gambar 4Gambar 5Gambar 6Gambar 7Gambar 8Gambar 9Gambar 10Gambar 11Gambar 12Gambar 13Gambar 14

Keterangan:

  • Pada gambar, bagian yang disorot warna hijau nanti yang kamu klik/pilih.
  • Gambar 6 : disini kamu bebas untuk memberi nama jalur akses data ponselnya, mau dikasih nama kamu, pacar kamu atau selingkuhan kamu juga boleh. Nama ini nantinya yang akan jadi nama sambungannya.
  • Gambar 8, 9, 10 : ganti nama jalur aksesnya, disini kamu tidak boleh asal ganti nama, tiap operator beda-beda. Berhubung pada contoh ini saya pakai kartu simPATI dari TELKOMSEL, maka ada 2 pilihan penggantian namanya yaitu “internet” dan “telkomsel” setelah selesai klik kembali/keluar dari pengaturan ini. [untuk operator lain coba lihat pada pengaturan default bawaan telepon/operatornya, lihat pada bagian “nama jalur akses”nya] Kesalahan penggantian nama ini bisa mengakibatkan munculnya error pada Gravity No. 23 “Connecting Failed! [-4155/-4157].
  • Gambar 11, 12, 13, 14: Buka Gravitynya lalu masuk ke “Connection Setting” > “Default Connection” > “lalu pilih nama jalur akses yang telah kamu buat tadi”, pada bagian otentikasi kamu bisa pilih aman/normal. Jika sudah jangan lupa untuk klik ok/save. Setelah itu klik “Go Online!” pada Gravitynya. Jika berhasil maka akan connected.
  • Sebenernya setingan ini hampir sama dengan setingan bawaan telepon/operatornya, bedanya hanya pada “Pengaturan lanjutan” dikosongkan/tidak di isi.

Sekian dulu sedikit berbaginya yang sudah panjang x lebar x tinggi ini, semoga bermanfaat. Kalau masih error juga jangan tanya ke saya Smile with tongue outSmile, tanyakan langsung pada pengasuhnya Gravity yaitu Mbah Janole. Open-mouthed smileOpen-mouthed smileOpen-mouthed smile Wassalam SmileSmileSmile

10 responses to “Error Pada Gravity

Subscribe to comments with RSS.

  1. kalo yang network error -36 maksud nya apa yah gan?

  2. Mbah gravity saya kalo mau nge twit selalu ada bacaan “sending disable” itu gimana ya mbah..?
    Tolong jawabannya, terima kasih

  3. Mbah gravity saya mempunyai masalah saat mau ngetwit, selalu ada bacaan “sending disable”. Itu gimana ya mbah..?
    Tolong jawabannya, terima kasih

  4. mbah,gravityku gak bsa digunain lagi,ktanya sdh expired,bgaimana caranya spaya bisa digunakan lagi ,mhon pnjelasannya,pleaseee

  5. hai punya gravity 2.82 gak,tp bkn yg demo,minta ya

  6. kalau error 410 artinya apa?

  7. gan kalo error http 410 pas log in twitter knp ya?kalo fb udah bisa log in ga ada masalah..hp ane s60v5 gan

  8. eror juga gan..

  9. oh begitu ya gan…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: